Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Nama Sekolah             : SD Negeri 12 Banda Aceh
Kelas / Semester          :
II (dua) / I (satu)
Tema                           :
1. Hidup Rukun
Sub Tema                    :
1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran ke          :
4 (empat)
Alokasi Waktu            :
Hari / Tanggal             :
Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
PKN
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3  Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah

Indikator
3.3.2   Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
3.3.3   Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
4.3.3   Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/ karakter

BahasaIndonesia
1.1   Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1   Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.3   Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media.
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8   Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.3.1 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.3 Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.


SBDP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1   Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.  

          Indikator
3.3.2    Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11.2 Menirukan gerakan berkebun melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau media yang lain.

Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati beberapa gambar tentang hidup rukun, siswa dapat mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
2.      Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan kebera-gaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
3.      Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan kebera-gaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimi-liki dengan bahasa yang santun.
4.      Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan bahasa yang santun.
5.      Dengan mengisi kolom pernyataan, siswa dapat menyim-pulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dibaca dengan teliti.
6.      Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
7.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga menggunakan alat musik ritmis dengan percaya diri.
8.      Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berda-sarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan bahasa yang santun.
9.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
10.  Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teliti.
11.  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menggambar imaji-natif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar. dengan percaya diri.

Materi Pembelajaran
·      Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun.
·      Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi.
·      Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
·      Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga menggunakan alat musik ritmis.
·      Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat.

Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Metode                   : penugasan, ceramah, diskusi, Tanya jawab
2.   Pendekatann           : saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan   mengkomunikasikan)

Media, Alat dan Sumber Belajar
1.   Media               : gambar sikap hidup rukun dan tidak rukun, teks lagu peramah dan sopan
2.   Alat                   : -
3.   Sumber belajar : Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku  Tematik Terpadu Kurikulum 2013 . Jakarta: Kementrian Pandidikan dan Kebudayaan.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a.
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.      Melakukan tanya jawab tentang keadaan siswa
4.      Memotivasi siswa dengan Tanya jawab tentang hidup rukun
5.      Menginformasikan tema yang akan dipelajari.
6.      Memberi acuan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 Menit
Inti
1.        Siswa mengamati beberapa gambar tentang contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun yang ada pada buku siswa (mengamati).
2.        Siswa menunjukkan gambar yang mencerminkan sikap hidup rukun dan tidak rukun (menalar).
3.        Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan tentang beragam kegemaran dalam keluarga dengan santun (menalar).
4.        Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga ber-dasarkan kegemaran/hobi (mencoba).
5.        Siswa mengisi kolom pernyataan tentang kegemaran anggota keluarga dengan memberi tanda centang pada pernyataan yang benar menurut siswa (mengomunikasikan).
6.        Siswa diberi penguatan tentang pentingnya menjaga sikap hidup rukun kemajemukan keluarga (mengomunikasikan).
7.        Siswa menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan” dengan percaya diri (mencoba).
8.        Siswa menunjukkan pola irama bervariasi pada lagu “Peramah dan Sopan” dengan menggunakan alat musik ritmis di bawah bimbingan guru (mencoba).
9.        Siswa menuliskan sifat-sifat baik yang ada pada syair lagu “Peramah dan Sopan” (menalar).
10.    Siswa menjelaskan keberagaman anggota keluarganya berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki (menalar).
11.    Siswa menceritakan kebersamaan dalam keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri (mengomuni-kasikan).
12.    Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat kar-ya seni rupa (menalar).
13.    Siswa menyebutkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat karya kreasi menempel gambar alat musik (mengomunikasikan).
14.    Siswa menempel gambar alat musik ritmis yang ada pada koran atau majalah pada kolom yang telah tersedia di buku siswa (mencoba).
15.   Siswa menghias gambar yang telah ditempel dengan gambar-gambar imajinatif menggunakan pensil warna atau krayon. (mencoba).
150 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.    Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkan dsb)
b.  Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a agar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan





Penilaian
1.   Tes tertulis
2.   Unjuk kerja

Evaluasi
1.      Tuliskan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun.
2.      Tuliskan sifat-sifat baik yang perlu di-terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Buatlah karya kreasi gambar imajinatif.

















































































Buatlah karya kreasi berikut dengan rapi!
Carilah gambar alat musik ritmis dari majalah atau koran.
Guntinglah gambar alat musik tersebut.
Tempelkan pada tempat yang tersedia!

2.  Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar tentang kegemaran
Jumlah Soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
b. Menuliskan sifat-sifat baik dan buruk yang terdapat pada syair lagu “Peramah dan Sopan”.
Jumlah Soal: 2 soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 50
c. Menjawab pertanyaan tentang keberagaman dalam keluarga.
Jumlah Soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1




Rubrik penilaian

3. Keterampilan
a. Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun.
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun

No

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Ketepatan Mengelompokkan gambar yang mencerminkan hidup hidup rukun dengan tidak rukun.
Semua gambar dikelompokkan dengan tepat.
Ada 1gambar yang salah dalam penge-lompokkan.
Ada 2-3 dari gambar yang salah dalam pengelompok­kan.
Lebih dari 3 gambar yang salah dalam pengelompok­kan.
2.
Ketepatan Waktu penyelesaian soal.
Siswa meny­elesaikan lebih cepat dari waktu yang disediakan.
Siswa menye­lesaikan tepat waktu.
Terlambat maksimal 5 menit.
Terlambat lebih dari 5 menit.

b. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi sambil memainkan alat musik ritmis


Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Penguasaan Lagu.
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing guru.
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.
2.
Kemampuan memainkan alat musik ritmis.
Mampu mengembang­kan ritmik dari pola yang disajikan.
Hanya mampu memain­kan ritmik dari pola yang disajikan , tetapi tidak mampu untuk mengembang­kan.
Mengalami kesulitan dalam meniru ritmik yang disajikan.
Tidak mampu sama sekali meniru ritmik yang disajikan.


c. Menempel gambar alat musik ritmis dari majalah atau koran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian menempel gambar alat musik ritmis dari majalah atau koran

No

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4

3
2
1
1.
Pemilihan Gambar.
Gambar sesuai tema (alat musik ritmis) dan lebih dari 1.
Gambar sesuai tema (alat musik ritmis).
Gambar alat musik, tetapi bukan gambar alat musik ritmis.
Tidak ada gam­bar .
2.
Keindahan
Menghias de-ngan tampilan yang menarik disertai warna yang berva­riasi.
Menghias de-ngan tampilan yang menarik namun kurang bervariasi.
Hiasan terlalu sederhana.
Tidak menghias.