Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Nama Sekolah             : SD Negeri 12 Banda Aceh
Kelas / Semester          : II (dua ) / 1 (satu)
Tema                           : 1. Hidup Rukun
Sub Tema                    : 1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran ke          : 5 (lima)
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
Hari / Tanggal             :

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.   
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana.

PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
          Indikator
3.3.3 Mennjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter. 

Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.            
Indikator
3.5.4 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.3 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.         Dengan mengamati gambar tentang berbagai gerakan aktivitas jasmani, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
2.         Dengan “Permainan Sutradara”, siswa dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan percaya diri.
3.         Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
4.         Dengan membaca teks percakapan dan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
5.         Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
6.         Dengan penugasan dan diskusi, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
7.         Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.





D.    Materi Pembelajaran

1.                  Melakukan variasi berbagai gerakan aktivitas jasmani.
2.                  Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun.
3.                  Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.                  Menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman.
5.                  Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda     sifat/karakter.

E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan           : Scientific
Stategi                   : Cooperatif Learning
Teknik                   : Example non Example
Metode                  : Penugasan, tanya jawab, diskusi dan ceramah

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media                     : Gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani gerak nonloko-motor,teks bermain peran, kartu tanya jawab.
Alat                        :-
Sumber belajar        : Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a.
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.      Melakukan tanya jawab tentang keadaan siswa
4.      Memotivasi siswa untuk ikut serta dalam pembelajaran dengan cara menunjukangambar keluarga inti yang terdiri dari ayah, ibu dan anak.
5.      Melakukan tanya jawab tentang gambar Hidup Rukun di Rumah.
6.      Mengajak siswa untuk berdinamika dengan menyanyikan lagu “sayang semuanya”
7.      Menginformasikan tema yang akan dipelajari.
8.      Memberi acuan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
1.          Siswa mengamati gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani berupa gerakan nonlokomotor berupa gerakan jalan di tempat, mengayunkan kaki, memutar lengan, menarik dan mendorong, meliukan badan seperti pohon ditiup angin, dan belalai gajah dengan teliti (mengamati).
2.          Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati. (mengomunikasikan).
3.          Siswa menjelaskan setiap gerakan yang ada pada gambar yang diamati (mengomunikasikan).
4.          Siswa memeragakan setiap gerakan berdasarkan gambar
5.          melalui “Permainan Sutradara” dengan teliti (mencoba).
6.          Siswa mengamati percakapan Mutiara dan Udin. (mengamati).
7.          Siswa membaca teks percakapan yang telah diamati (mengamati).
8.          Siswa melanjutkan membuat dua dialog lagi dari percakapan yang telah dibaca (menalar).
9.          Siswa membacakan percakapan yang telah dibuat (mengomunikasikan).
10.      Siswa bermain peran dengan memeragakan teks percakapan tentang permintaan maaf (mencoba).
11.      Siswa menunjukkan peran permintaan maaf dari teks percakapan yang telah diperagakan (mengomunikasikan).
12.      Siswa dibimbing membuat kartu tanya jawab dari karton. Kartu tersebut akan digunakan untuk menulis pertanyaan dan jawaban siswa dari kegiatan menanya yang akan dilakukan (mencoba).
13.      Siswa menuliskan pertanyaan kepada teman tentang perbedaan pendapat pada kartu yang telah dibuat. (mengomunikasikan).
14.      Siswa saling menukarkan kartu pertanyaan yang telah ditulis.
15.      Siswa menulis jawaban dari pertanyaan yang terdapat pada kartu (mengomunikasikan).
16.      Siswa menuliskan penyelesaian perbedaan pendapat dalam keluarga dari kegiatan bertanya yang telah dilakukan (menalar).
17.      Siswa menyimpulkan teks percakapan bermain peran dengan menjawab beberapa pertanyaan (mengkomunikasikan).
150 menit
Penutup
1.      Bersama – sama siswa  membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah di pelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a.       Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (siakp duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
b.      Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa lebih sempurnakan
 15 menit



H.    Penilaian
a.    Penilaian Sikap            : rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap dan budaya sekitar
b.      Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
c.       Penilaian Keterampilan: unjuk kerja

Evaluasi
1.      Praktekanlah berbagai gerakan aktivitas jasmani, seperti: saling mendorong, saling menarik, memutar badan, mengayun kaki!
2.      Tuliskan contoh kalimat ucapan permintaan maaf kepada anggota keluarga di rumah dengan bahasa yang santun!
3.      Sebutkan  sifat/karakter anggota keluargamu di rumah!

2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
Menjawab pertanyaan dari teks percakapan bermain peran
Jumlah Soal: 5 Soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
1.         Udin dan Mutiara.
2.         Udin.
3.         Mutiara.
4.         Karena telah berbicara keras kepada kakak.
5.         Saling mengalah.