Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Nama Sekolah : SD Negeri 12 Banda Aceh
Kelas / Semester : II (dua ) / 1 (satu)
Tema : 1. Hidup Rukun
Sub Tema : 1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran ke : 5 (lima)
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
3.2
Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2
Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator
3.2.1
Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk
permainan sederhana.
4.2.1 Melakukan gerakan variasi
pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana.
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku
toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai
perwujudan moral Pancasila.
3.3 Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam
teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.3
Mennjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang
dimiliki.
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan
kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.
Bahasa Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa
daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam
percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.5
Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5
Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.4
Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.3
Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan mengamati gambar tentang berbagai gerakan aktivitas
jasmani, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar
nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
2.
Dengan “Permainan Sutradara”, siswa dapat melakukan gerakan
variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan
percaya diri.
3.
Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran
permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan
teliti.
4.
Dengan membaca teks percakapan dan tanya jawab, siswa dapat
menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
dengan percaya diri.
5.
Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menyebutkan
cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
6.
Dengan penugasan dan diskusi, siswa dapat menceritakan kerja
sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan
percaya diri.
7.
Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan
percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Melakukan
variasi berbagai gerakan aktivitas jasmani.
2.
Menemukan
peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun.
3.
Menjelaskan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.
Menyebutkan
cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman.
5.
Menceritakan
kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.
|
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Stategi : Cooperatif Learning
Teknik : Example non Example
Metode : Penugasan, tanya jawab,
diskusi dan ceramah
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media :
Gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani gerak nonloko-motor,teks bermain peran, kartu tanya jawab.
Alat :-
Sumber belajar : Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II
Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a.
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran
siswa.
3.
Melakukan tanya jawab tentang keadaan
siswa
4.
Memotivasi siswa untuk ikut serta
dalam pembelajaran dengan cara menunjukangambar keluarga inti yang terdiri
dari ayah, ibu dan anak.
5.
Melakukan tanya jawab tentang gambar
Hidup Rukun di Rumah.
6.
Mengajak siswa untuk berdinamika
dengan menyanyikan lagu “sayang semuanya”
7.
Menginformasikan tema yang akan
dipelajari.
8.
Memberi acuan dengan menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani
berupa gerakan nonlokomotor berupa gerakan jalan di tempat, mengayunkan kaki,
memutar lengan, menarik dan mendorong, meliukan badan seperti pohon ditiup
angin, dan belalai gajah dengan teliti (mengamati).
2.
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati. (mengomunikasikan).
3.
Siswa menjelaskan setiap gerakan yang ada pada gambar yang
diamati (mengomunikasikan).
4.
Siswa memeragakan setiap gerakan berdasarkan gambar
5.
melalui “Permainan Sutradara” dengan teliti (mencoba).
6.
Siswa mengamati percakapan Mutiara dan Udin. (mengamati).
7.
Siswa membaca teks percakapan yang telah diamati
(mengamati).
8.
Siswa melanjutkan membuat dua dialog lagi dari percakapan
yang telah dibaca (menalar).
9.
Siswa membacakan percakapan yang telah dibuat
(mengomunikasikan).
10.
Siswa bermain peran dengan memeragakan teks percakapan
tentang permintaan maaf (mencoba).
11. Siswa
menunjukkan peran permintaan maaf dari teks percakapan yang telah diperagakan
(mengomunikasikan).
12.
Siswa dibimbing membuat kartu tanya jawab dari karton.
Kartu tersebut akan digunakan untuk menulis pertanyaan dan jawaban siswa dari
kegiatan menanya yang akan dilakukan (mencoba).
13.
Siswa menuliskan pertanyaan kepada teman tentang perbedaan
pendapat pada kartu yang telah dibuat. (mengomunikasikan).
14.
Siswa saling menukarkan kartu pertanyaan yang telah
ditulis.
15.
Siswa menulis jawaban dari pertanyaan yang terdapat pada
kartu (mengomunikasikan).
16.
Siswa menuliskan penyelesaian perbedaan pendapat dalam
keluarga dari kegiatan bertanya yang telah dilakukan (menalar).
17. Siswa
menyimpulkan teks percakapan bermain peran dengan menjawab beberapa
pertanyaan (mengkomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Bersama – sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
2.
Bertanya jawab tentang materi yang
telah di pelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
4.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a. Guru
mengamati sikap siswa dalam berdo’a (siakp duduknya, cara membacanya, cara
melafalkannya dsb)
b. Segera
memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdoa lebih sempurnakan
|
15 menit
|
H.
Penilaian
a. Penilaian Sikap : rasa ingin tahu, percaya diri,
peduli terhadap dan budaya sekitar
b. Penilaian
Pengetahuan: tes tertulis
c.
Penilaian Keterampilan:
unjuk kerja
Evaluasi
1.
Praktekanlah berbagai gerakan
aktivitas jasmani, seperti: saling mendorong, saling menarik, memutar badan,
mengayun kaki!
2.
Tuliskan contoh kalimat ucapan permintaan
maaf kepada anggota keluarga di rumah dengan bahasa yang santun!
3.
Sebutkan sifat/karakter anggota keluargamu di rumah!
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
Menjawab pertanyaan dari teks percakapan bermain peran
Jumlah Soal: 5 Soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
1.
Udin dan Mutiara.
2.
Udin.
3.
Mutiara.
4.
Karena telah berbicara keras kepada kakak.
5.
Saling mengalah.
0 Komentar