Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK)
Level 4 : Berbagi
Kuliah Umum Tips Membangun Sosial Media yang Sukses
oleh Wicaksono (Pengelola akun @ndorokakung )
Kuliah Umum Pembatik Level 4 hari ke 4 dengan judul " Kiat Membangun Media Sosia Sosial Yang Sukses" dengan nara sumber yang sangat hebat Bapak Wicaksono, siapa yang tidak kenal dengan beliau , pengelolah account @ndorokakung.
Kamis, 17 September 2020
Salam Rumah Belajar
Bagaimana membangun kesuksesan di Media Sosial, menurut ndorokakung Wicaksono ada 2 elemen penting yaitu : 1. Strategi Konten, dan 2, Pemasaran.
a. Atur strategi konten:
1. Memilih platform.
Kita harus memilih acount dari salah satu platform yang ada. Kalau kita punya kemampuan menulis pendek maka kita gunakan twiter, kalau kita punya kemampuan menulis panjang kita bisa mnggunakan blog, kalau kita memiliki kemampuan membuat video kita bisa memilih youtube ataupun instagram. jadi kita harus memilih platform yang sesuai dengan ketrampilan yang kita miliki. tidak bisa semua platform kita kerjakan sekaligus jika kita tidak mampu dibidangnya.
2. Optimasi bio
Jelaskanlah siapa diri kita, mengupload diri kita dengan memilih foto yang menarik. Gunakan aplikasi yang bisa memperbaiki foto profil kita menjadi lebih baik.
3. Produksi menulis
Produksi konten sesuai dengan keterampilan kita, kita harus membuat konten. Jika mahir menulis truslah membuat konten konten yang bermanfaat bagi pembaca.
4. foto,video
Foto dan video harus dikemas sebaik mungkin agar yang melihat dapat tertarik dengan postingan kita.
5. Infografik
6. Penjadwalan posting
Kita harus menentukan jadwal posting kita, jam berapa rata-rata follower kita melihat konten kita dijam itulah kita memposting konten kita. jangan asal posting ya sahabat, lihat dulu jamnya. jangan kita posting di jam jam istirahat maka postingan kita akan lewat begitu saja.
7. Penyesuaian dengan algoritma
Semua aktivitas kita di internet dicatat, aktivitas yang kita lakukan dicatat oleh alogoritma jadi apa yang kita sukai maka alogoritma merekomendasikan apa yang yang kita skonten ataupun iklan. Jadi kita harus mempelajari alogoritma dan untungnya buat kita.
8. Pemamfaatan tanda pagar
Tanda pagar/has tag adalah alat distribusi kita untuk memasarkan konten kita. jadi jika kita membuat konten kita jangan lupa membuat hastag agar lebih mudah dikenali di pasar yang sejenis dan gampang ditemukan orang lain.
b. Atur strategi pemasaran:
1. Membangun personal branding
Membangun citra diri kita dimata orang lain, misalnya kita sama-sama guru SD , tapi kita bisa membuat personal branding seperti guru yang lucu dan humoris. Untuk menarik perhatian orang lain kita harus bisa dengan cara menjadi beda / unik dibanding guru-guru yang lain sehingga kita mudah dikenal orang lain. Kita punya ciri khas tersendiri untuk dikenal.
2. Optimasi akun medsos
Membagikan konten yang telah kita buat ke media sosial.
3. Optimalisasi website/blog(SEO)
Mengenali SEO, bagaimana cara kita membuat konten kita menjadi halaman pertama di acount google / pencarian.
4. Iklan
Membuat iklan biasanya digunakan perusahaan-perusahaan
5. Email
Mengirim konten kita ke email-email kawan kita.
6. Kolaborasi
Berkolaborasi dengan orang -orang penting/terkenal didalam memasarkan konten kita.
10 kiat medsos populer:
1. tetapkan tujuan yg masuk akal
2. Temukan target konsumen
3. Jadilah diri sendiri
4. Cari jejaring bukan pengikut
5. Membuat jadwal editorial
6. Fokus membantu orang lain
7. Berinteraksi dengan khalayak
8. Berkreasi dengan konten visual
9. Buatlah kehadiran anda dikenali orang lain
10. Selalu aktif sebagi produsen membuat konten dan sebagai konsumen, menghargai konten orang lain
#Pusdatin
#RumahBelajar
#DutaRumahBelajarSumateraBarat
#BerbagiTIK
#MerdekaBelajar
#pembatiklevel4
#sahabatrumahbelajar2020
0 Komentar