Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Nama Sekolah             : SD Negeri 12 Banda Aceh
Kelas / Semester          :
II (dua) / I (satu)
Tema                           :
1. Hidup Rukun
Sub Tema                    :
1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran ke          :
3 (tiga)
Alokasi Waktu            :
Hari / Tanggal             :
Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
SBDP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8  Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda

Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.3.1 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.



BahasaIndonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5   Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5   Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.2 Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1   Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

          Indikator
3.1.3  Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8  Membilang loncat.
4.1.1  Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100.

Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan menyanyikan lagu “Main Ayunan”, siswa dapat me-nunjukkan berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengubah syair lagu “Main Ayunan” menjadi sebuah cerita dengan menggunakan bahasa yang santun.
4.      Dengan mengamati alam sekitar, siswa dapat mengidentifi-kasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teleti.
5.      Dari teks cerita yang telah dibuat, siswa dapat menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar dengan teliti.
6.      Dengan menggunakan teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan santun dan percaya diri.
7.      Dengan membaca teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
8.      Dengan beberapa contoh sikap yang dikemukakan guru, siswa dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
9.      Dengan berdiskusi sesama teman sebangku, siswa dapat membaca membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
10.  Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
11.  Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
12.  Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.

Materi Pembelajaran
·         Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
·         Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
·         Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan.
·         Membaca teks permintaan maaf.
·         Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun.
·         Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun.
·         Membaca membaca lambang bilangan sampai 500.
·         Membilang loncat.
                 
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Metode                   : penugasan, ceramah, diskusi, Tanya jawab
2.   Pendekatann           : saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan   mengkomunikasikan)

Media, Alat dan Sumber Belajar
1.   Media               : Teks lagu “Main Ayunan”.
              Gambar Udin dan Mutiara bermain ayunan.
                                      Teks bermain peran “Buku Kakak Sobek”.
  Gambar kartu bilangan yang ditempelkan pada ayunan.
2.   Alat                   : -
3.   Sumber belajar : Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku  Tematik Terpadu Kurikulum 2013 . Jakarta: Kementrian Pandidikan dan Kebudayaan.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a.
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.      Melakukan tanya jawab tentang keadaan siswa
4.      Memotivasi siswa dengan bernyanyi “ Main Ayunan “
5.      Menginformasikan tema yang akan dipelajari.
6.      Memberi acuan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 Menit
Inti
1.      Siswa diperkenalkan dengan lagu “Main Ayunan” (mengamati).
2.      Siswa menyanyikan lagu “Main Ayunan” secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
3.      Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Main Ayunan” sesuai ketukan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
4.      Siswa dibimbing memainkan pola irama lagu “Main Ayunan” dengan menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
5.      Siswa memainkan pola irama bervariasi pada lagu “Main Ayunan” dengan menggunakan dua alat musik ritmik yang berbeda (mencoba).
6.      Guru membacakan syair lagu seperti membaca puisi, siswa diminta menyimak (mengamati).
7.      Siswa membaca syair lagu seperti yang telah dicontohkan guru (mencoba).
8.      Siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan teks lagu “Main Ayunan” (menanya).
9.      Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman.
10.  Siswa menjawab pertanyaan yang ditukarkan (menalar).
11.  Siswa mengubah syair lagu “Main Ayunan” menjadi sebuah cerita menggunakan bahasa yang santun (menalar).
Contoh:
Ada kakak beradik sedangn bermain ayunan.
Kakak mengayun adiknya di atas ayunan.
Ayunan bergerak meninggi dan menurun.
 Adik senang bermain ayunan bersama kakak.
12.  Siswa mengamati alam sekitar (mengamati).
13.  Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa berdasarkan pengamatan (mencoba).
14.  Siswa menyebutkan alat dan bahan yang biasa digunakan dalam menggambar. (mengomunikasikan)
15.  Siswa menghias cerita yang telah ditulis dengan menggambar imajinatif menggunakan pensil warna atau krayon (mencoba).
16.  Siswa bermain peran berdasarkan teks percakapan “Buku Kakak Sobek” dengan percaya diri (mencoba).
17.  Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
18.  Siswa membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga berdasarkan beberapa contoh yang dikemukakan guru (mencoba).
19.  Siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang cara membaca lambang bilangan yang ada pada gambar dengan santun (menanya).
20.  Siswa secara bergantian membaca lambang bilangan yang pada gambar tersebut (mengomunikasikan).
21.  Siswa mengamati sebuah barisan bilangan (mangamati).
22.  Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati (menalar).
23.  Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +3 (menalar).
150 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.    Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkan dsb)
b.  Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a agar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan


Penilaian
1.   Tes tertulis
2.   Unjuk kerja

Evaluasi
Bagaimana cara membaca lambang bilangan berikut.

Perankan percakapan itu bersama temanmu dengan percaya diri!
Buku Kakak Sobek
Udin                   : Kak, bolehkah saya meminjam buku yang di rak paling atas itu?
Mutiara              : Tentu saja boleh. Mengapa buku itu yang kamu pilih?
Udin                  : Iya, Kak. Saya tertarik pada gambar sampulnya. Mungkin isinya menarik juga.
Mutiara              : Mengapa tertarik pada gambar anak-anak bernyanyi?
Udin                   : Saya senang belajar menyanyi. Saya ingin menyanyikan lagu di buku itu. Saya ambil sendiri bukunya ya, Kak.
Udin mengambil buku itu sambil meloncat.
Udin                   : Aduh! Dapat bukunya, Kak. Tapi bukunya jadi sobek. Maafkan saya. Saya tidak sengaja.
Mutiara              : Ya, tidak apa-apa. Kan, kamu tidak sengaja melakukannya. Tidak usah sedih. Mari kakak bantu membacanya. Wah, ternyata ini buku lagu. Ayo kita nyanyikan salah satunya.

2.      Pengetahuan
Penilaian: Skor
a. Membuat pertanyaan berdasarkan teks lagu
Banyak soal : 1 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 100
Jawaban disesaikan dengan pendapat siswa.

b. Melengkapi deret bilangan berpola +3
Banyak soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor jawaban: 20

Rubrik Penilaian
3.    Keterampilan
c. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis

No.

Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Penguasaan Lagu.
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing guru.
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.
2.
Kemampuan memainkan alat musik ritmis.
Mampu mengembang­kan ritmik dari pola yang disajikan.
Hanya mampu memain­kan ritmik dari pola yang disajikan , tetapi tidak mampu untuk mengembang­kan.
Mengalami kesulitan dalam meniru ritmik yang disajikan.
Tidak mampu sama sekali meniru ritmik yang disajikan.


Rubrik Penilaian

d. Mengubah syair lagu menjadi cerita dengan berkreasi
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian mengubah syair lagu menjadi cerita dengan berkreasi

No.

Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca.
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.
2.
Kesesuaian cerita yang ditulis dengan syair lagu.
Semua isi cerita yang ditulis sesuai syair lagu.
Setengah atau lebih isi cerita sesuai syair lagu.
Kurang dari setengah isi cerita sesuai syair lagu.
Semua isi cerita tidak sesuai dengan syair lagu.
3.
Penulisan.
Penulisan kata sudah tepat.
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya.
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya.
Semua kata belum tepat dalam penulisan.
4.
Penggunaan kalimat yang efektif.
Semuakalimat menggunakan kalimat yang efektif.
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
Semua kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif.
5.
Kreasi.
Menghias cerita dengan variasi warna yang menarik.
Menghias cerita namun warna kurang bervariasi.
Menghias tanpa warna.
Tidak menghias sama sekali.





Rubrik penilaian

e. Bermain peran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik bermain peran


No.

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Ekpresi.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
Monoton, tanpa ekspresi.
2.
Lafal.
Semua dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas.
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafa­lannya.
Lebih dari 2 kata belum tepat pelafalannya.
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
3.
Intonasi.
Intonasi sesuai dengan dialog secara kon­sisten.
Intonasi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Intonasi tidak sesuai dengan dialog.
Tanpa intonasi.
4.
Volume Suara.
Volume suara keras dan jelas.
Volume suara jelas.
Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas.















Rubrik penilaian

f. Membaca lambang bilangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan

No.

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kemampuan membaca lambang bilangan.
Membaca dengan tepat dan lancar.
Membaca dengan tepat, tetapi kurang lancar.
Pembacaan kurang tepat.
Belum mampu membaca.
2.
Volume suara.
Volume suara keras dan jelas.
Volume suara jelas.
Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas.