Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Nama Sekolah : SD Negeri 12 Banda Aceh
Kelas / Semester : II (dua) / I (satu)
Tema : 1. Hidup Rukun
Sub Tema : 1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran ke : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (5 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar :
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,
tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah
dalam mengerjakan tugas.
3.1
Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus
satuan).
4.1
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang
kurang dari 100
Indikator :
3.1.2
Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.3
Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8
Membilang loncat.
4.1.1
Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan
menggunakan bilangan kurang 100.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
:
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang
dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup
rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.3
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Indikator :
3.3.3
Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga.
keluarga.
3.3.4
Mencatat peran masing-masing anggota keluarga.
4.3.2
Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.3.3
Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.
PJOK
Kompetensi Dasar
:
3.2
Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator :
3.2.1
Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk
permainan sederhana.
permainan sederhana.
4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar
non-lokomotordalam bentuk permainan
sederhana.
sederhana.
PPKN
Kompetensi Dasar
:
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
rumah dan sekolah.
Indikator :
3.3.2
Menyebutkkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/ hobi.
4.3.2Menceritakan kebersamaan keluarga dengan
anggota keluarga yang berbeda
kegemaran/hobi.
kegemaran/hobi.
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, siswa dapat
mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk
permainan sederhana dengan teliti.
2. Dengan
permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil, siswa dapat melakukan gerakan
variasi pola gerak dasar nonlokomotor dengan percaya diri.
3. Dengan
membaca teks tentang kegemaran, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota
keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
4. Dengan
mengamati gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan, siswa dapat
menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati dengan teliti.
5. Dengan
mengamati contoh dan tabel cara membaca lam-bang bilangan, siswa dapat membaca
lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
6. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
7. Dengan
mengamati barisan bilangan, siswa dapat menen-tukan pola-pola bilangan
sederhana menggunakan bilang-an kurang dari 100 dengan teliti.
8. Dengan
mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
9. Dengan
kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita tentang kegemaran, siswa dapat
menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi
dengan bahasa santun dan percaya diri.
10. Dengan
mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa
dapat mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga dengan teliti.
11. Setelah
membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mencatat peran
masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
12. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian tentang kegiatan hari ini
dengan teliti.
13. Dengan
menggunakan teks buku harian yang telah ditulis, siswa dapat membaca teks buku
harian kegiatan keluarga dengan teliti dan percaya diri.
14. Dengan
menjawab pertanyaan dan mengamati contoh membuat kesimpulan teks buku harian,
siswa dapat me-nyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis dengan
teliti.
D. Materi Pembelajaran
1.
Melakukan
gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor.
2.
Menyebutkan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
3.
Membaca
lambang bilangan.
4.
Membilang
loncat.
5.
Mengelompokkan
berbagai kegiatan berdasarkan peran setiap anggota keluarga.
6.
Mencatat
peran setiap anggota keluarga.
7.
Menulis
teks buku harian.
8.
Menyimpulkan
isi teks buku harian yang telah ditulis.
E. Metode Pembelajaran
1.
Metode :
Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
Pendekatan : Saintifik (mengamati. Menanya,
mencoba,
menalar,mengkomunikasikan.)
menalar,mengkomunikasikan.)
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.
Media : Gambar gerak
badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, gambar permainan lingkaran kecil dan
lingkaran besar, gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan. Tabel cara
membaca lambang bilangan, gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan
barisan bilangan, gambar kegiatan Udin dan Mutiara yang saling membantu.
2.
Alat :
-
3.
Sumber Belajar :
Irene, dkk.2014. Buku Kelas II Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematis Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a.
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran
siswa.
3.
Melakukan tanya jawab tentang keadaan
siswa
4.
Memotivasi siswa untuk ikut serta
dalam pembelajaran dengan menyanyikan lagu “sayang semuanya”
5.
Memberi acuan dengan menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
10 Menit
|
Inti
|
1. Siswa
mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, meliputi gambar
gerak jalan di tempat, gerak mengayunkan kaki, gerak memutar lengan.
(mengamati).
2. Siswa
bertanya tentang gambar yang diamati (menanya).
3. Siswa
menjelaskan gambar yang telah diamati (mengomu-nikasikan).
4. Siswa
dibimbing menirukan gerakan berdasarkan gambar yang telah diamati (mencoba).
5. Siswa
mengamati gambar permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil dengan teliti
(mengamati).
6. Siswa
diberi penjelasan tentang permainan permainan lingkaran besar dan lingkaran
kecil yang akan dilakukan (mengamati).
7. Siswa
melakukan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil di bawah bimbingan
guru (mencoba).
8. Siswa
membaca teks tentang kegemaran (mengamati).
9. Siswa
menyebutkan berbagai kegemaran/hobi berdasarkan teks yang telah dibaca
(mengomunikasikan).
10. Siswa
menyebutkan kegemaran/hobi anggota keluarganya (mengomunikasikan).
11. Siswa
mengamati gambar cara menghitung benda dengan menggunakan kubus satuan
(mengamati).
12. Siswa
menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati (mengomunikasikan).
13. Siswa
mengamati contoh dan tabel cara membaca lambang bilangan (mengamati).
14. Siswa
membaca lambang bilangan berdasarkan tabel. (mengamati).
15. Siswa
membaca lambang bilangan dari beberapa bilangan yang dikemukakan guru
(mengomunikasikan).
16. Siswa
mengamati gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan
(mengamati).
17. Siswa
dan guru melakukan tanya jawab terkait gambar yang diamati (menanya).
18. Siswa
mengamati barisan bilangan berdasarkan gambar (mangamati).
19. Siswa
menyebutkan pola bilangan dari barisan bilangan yang telah diamati (menalar).
20. Siswa
dibimbing membuat barisan bilangan dengan pola +2 (mengamati).
21. Siswa
berlatih membuat barisan bilangan dengan pola +2 (menalar).
22. Siswa
diminta bertanya kepada teman tentang kegemarannya dan kegemaran anggota
keluarganya yang lain dengan teliti (menanya).
23. Siswa
membaca contoh cerita tentang kegemaran (mengamati).
24. Siswa
bercerita kepada teman tentang cara menjaga kebersamaan dalam keluarga yang
berbeda kegemaran (mengomunikasikan).
25. Siswa
mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan dalam keluarga
(mengamati).
26. Siswa
mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga (menalar).
27. Siswa
mencatat peran masing-masing anggota keluarga (menalar).
28. Siswa
menulis teks buku harian tentang kegiatan hari ini (mencoba).
29. Siswa
membaca teks yang telah ditulis pada buku harian dengan teliti
(mengomunikasikan).
30. Siswa
menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks buku harian yang
telah ditulis (menalar).
31. Siswa
mengamati contoh membuat kesimpulan dari teks buku harian (mengamati).
32. Siswa
menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis (mengomunikasikan).
|
|
Penutup
|
1.
Refleksi
2.
Pemberian tugas/pr
3.
Memberi pesan pesan moral
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian
Proses
Menggunakan format pengamatan dilakuakn dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
Menggunakan format pengamatan dilakuakn dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
2.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap : Percaya diri, teliti, santun
b. Penilaian
Pengetahuan : Menjawab
pertanyaan berdasarkan teks buku harian yang ditulis, melengkapi deret bilangan
berpola +2.
Bacalah cerita pada buku harianmu itu.
1. Apakah
isi cerita pada buku harianmu itu?
2. Siapa
yang kamu ceritakan dalam buku harian itu?
3. Kapan
kegiatan atau peristiwa itu terjadi?
4. Buatlah
kesimpulan tentang buku harianmu!
Rubrik Penilaian
a. Bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil
penilaian:
observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan bermain lingkaran besar
dan lingkaran kecil
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (ü)
|
Belum Terlihat (ü)
|
1.
|
Siswa mampu mengikuti instruksi.
|
||
2.
|
Siswa terlibat aktif dalam permainan.
|
||
3.
|
Siswa mampu menirukan gerakan sesuai
permainan.
|
Hasil
pengamatan bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1.
|
Banta Firmansyah
|
||||||
2.
|
Alfi Syahri
|
||||||
3.
|
Anas Risqi Syahputra
|
||||||
4.
|
Ashilla
|
||||||
5.
|
Dela Miranda
|
||||||
6.
|
David Da silva
|
||||||
7.
|
Iqsan Sayyidina
|
||||||
8.
|
Kausar Alfata
|
||||||
9.
|
Muhammad Reza
|
||||||
10.
|
Muhammad Furqan
|
||||||
11.
|
Muhammad Alwanli
|
||||||
12.
|
Muhammad Dani
|
||||||
13.
|
M. Hayda Luthfi
|
||||||
14.
|
M. Rifqi Adiitya
|
||||||
15.
|
Mahira Syafira
|
||||||
16.
|
Nashwa Darivam
|
||||||
17.
|
Nayla Atqiya
|
||||||
18.
|
Nabila Safira
|
||||||
19.
|
Putroe Meulu
|
||||||
20.
|
Rafil Rizkullah
|
||||||
21.
|
Risna Ramadhani
|
||||||
22.
|
Syakira Asyabira
|
||||||
23.
|
Tursina Akmalita
|
||||||
24.
|
Tata Rahma Ayulan
|
||||||
25.
|
Zauli Alfaid
|
||||||
26.
|
Nazla Azzahra
|
||||||
27.
|
Aprilia Nazwa
|
||||||
28.
|
Najwa Felina
|
||||||
29.
|
Naura Itaila
|
b.
Membaca lambang bilangan
penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Kemampuan membaca
lambang bilangan.
|
Membaca dengan tepat
dan lancar.
|
Membaca dengan tepat,
tetapi kurang lancar.
|
Pembacaan kurang
tepat.
|
Belum mampu membaca.
|
|
2.
|
Volume suara.
|
Volume suara keras
dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang
jelas.
|
Suara sangat pelan
dan tidak jelas.
|
|
c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk
kerja
Rubrik menulis teks buku harian
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Penggunaan huruf
besar, dan tanda baca.
|
Menggunakan huruf
besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir
kalimat.
|
Terdapat 1-2
kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2
kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
|
Tidak satu pun
kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
|
2.
|
Kesesuaian isi teks
yang ditulis dengan tema buku harian.
|
Semua isi teks yang
ditulis sesuai judul atau tema.
|
Setengah atau lebih
isi teks sesuai judul atau tema.
|
Kurang dari setengah
isi teks sesuai judul atau tema.
|
Semua isi teks belum
sesuai.
|
|
3.
|
Kesesuaian isi teks
yang ditulis dengan tema buku harian.
|
Semua isi teks yang
ditulis sesuai judul atau tema.
|
Setengah atau lebih
isi teks sesuai judul atau tema.
|
Kurang dari setengah
isi teks sesuai judul atau tema.
|
Semua isi teks belum
sesuai.
|
|
4.
|
Penggunaan kalimat
yang efektif.
|
Semua kalimat
menggunakan kalimat yang efektif.
|
Terdapat 1-2 kalimat
menggunakan kalimat yang kurang efektif.
|
Terdapat lebih dari 2
kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
|
Semua kalimat
menggunakan kalimat yang belum efektif.
|
|
d. Membaca dan menyimpulkan teks buku harian
Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik membaca dan menyimpulkan teks buku
harian
No.
|
Kriteria
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan Membaca Teks.
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
dengan lancar.
|
Siswa mampu membaca seluruh teks,
tetapi kurang lancar.
|
Siswa kurang mampu membaca.
|
Siswa belum mampu membaca teks.
|
2.
|
Volume Suara.
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak jelas.
|
3.
|
Kemampuan Menyimpulkan.
|
Simpulan singkat dan mewakili isi
teks.
|
Simpulan agak panjang dan mewakili isi
teks.
|
Simpulan kurang mewakili isi teks.
|
Simpulan tidak mewakili isi teks.
|
0 Komentar