Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Nama Sekolah             : SD Negeri 12 Banda Aceh
Kelas / Semester          : II (dua) / I (satu)
Tema                           : 1. Hidup Rukun
Sub Tema                    : 1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran ke          : 2 (dua)
Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan (5 x 35 menit)
Hari / Tanggal             :

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar :
1.1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100

Indikator :

3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator :

3.3.3 Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
   keluarga.
3.3.4 Mencatat peran masing-masing anggota keluarga.
4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.3.3 Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.

PJOK
Kompetensi Dasar :

3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator :

3.2.1 Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk
   permainan sederhana.
4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan
   sederhana.




PPKN
Kompetensi Dasar :
1.2  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1  Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator :

3.3.2 Menyebutkkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/ hobi.
4.3.2Menceritakan kebersamaan keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda
  kegemaran/hobi.
C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
2.      Dengan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil, siswa dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dengan percaya diri.
3.      Dengan membaca teks tentang kegemaran, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
4.      Dengan mengamati gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati dengan teliti.
5.      Dengan mengamati contoh dan tabel cara membaca lam-bang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
6.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
7.      Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menen-tukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilang-an kurang dari 100 dengan teliti.
8.      Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
9.      Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita tentang kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi dengan bahasa santun dan percaya diri.
10.  Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
11.  Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
12.  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian tentang kegiatan hari ini dengan teliti.
13.  Dengan menggunakan teks buku harian yang telah ditulis, siswa dapat membaca teks buku harian kegiatan keluarga dengan teliti dan percaya diri.
14.  Dengan menjawab pertanyaan dan mengamati contoh membuat kesimpulan teks buku harian, siswa dapat me-nyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis dengan teliti.


D.    Materi Pembelajaran
1.      Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor.
2.      Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
3.      Membaca lambang bilangan.
4.      Membilang loncat.
5.      Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran setiap anggota keluarga.
6.      Mencatat peran setiap anggota keluarga.
7.      Menulis teks buku harian.
8.      Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.

E.     Metode Pembelajaran

1.      Metode                  : Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
Pendekatan           : Saintifik (mengamati. Menanya, mencoba,
                                menalar,mengkomunikasikan.)

F.     Media, Alat dan Sumber Belajar

1.      Media                    : Gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, gambar permainan lingkaran kecil dan lingkaran besar, gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan. Tabel cara membaca lambang bilangan, gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan, gambar kegiatan Udin dan Mutiara yang saling membantu.
2.      Alat                       : -
3.      Sumber Belajar      : Irene, dkk.2014. Buku Kelas II Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematis Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a.
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.      Melakukan tanya jawab tentang keadaan siswa
4.      Memotivasi siswa untuk ikut serta dalam pembelajaran dengan menyanyikan lagu “sayang semuanya”
5.      Memberi acuan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 Menit
Inti
1.      Siswa mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, meliputi gambar gerak jalan di tempat, gerak mengayunkan kaki, gerak memutar lengan. (mengamati).
2.      Siswa bertanya tentang gambar yang diamati (menanya).
3.      Siswa menjelaskan gambar yang telah diamati (mengomu-nikasikan).
4.      Siswa dibimbing menirukan gerakan berdasarkan gambar yang telah diamati (mencoba).
5.      Siswa mengamati gambar permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil dengan teliti (mengamati).
6.      Siswa diberi penjelasan tentang permainan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil yang akan dilakukan (mengamati).
7.      Siswa melakukan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil di bawah bimbingan guru (mencoba).
8.      Siswa membaca teks tentang kegemaran (mengamati).
9.      Siswa menyebutkan berbagai kegemaran/hobi berdasarkan teks yang telah dibaca (mengomunikasikan).
10.  Siswa menyebutkan kegemaran/hobi anggota keluarganya (mengomunikasikan).
11.  Siswa mengamati gambar cara menghitung benda dengan menggunakan kubus satuan (mengamati).
12.  Siswa menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati (mengomunikasikan).
13.  Siswa mengamati contoh dan tabel cara membaca lambang bilangan (mengamati).
14.  Siswa membaca lambang bilangan berdasarkan tabel. (mengamati).
15.  Siswa membaca lambang bilangan dari beberapa bilangan yang dikemukakan guru (mengomunikasikan).
16.  Siswa mengamati gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan (mengamati).
17.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab terkait gambar yang diamati (menanya).
18.  Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan gambar (mangamati).
19.  Siswa menyebutkan pola bilangan dari barisan bilangan yang telah diamati (menalar).
20.  Siswa dibimbing membuat barisan bilangan dengan pola +2 (mengamati).
21.  Siswa berlatih membuat barisan bilangan dengan pola +2 (menalar).
22.  Siswa diminta bertanya kepada teman tentang kegemarannya dan kegemaran anggota keluarganya yang lain dengan teliti (menanya).
23.  Siswa membaca contoh cerita tentang kegemaran (mengamati).
24.  Siswa bercerita kepada teman tentang cara menjaga kebersamaan dalam keluarga yang berbeda kegemaran (mengomunikasikan).
25.  Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan dalam keluarga (mengamati).
26.  Siswa mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga (menalar).
27.  Siswa mencatat peran masing-masing anggota keluarga (menalar).
28.  Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan hari ini (mencoba).
29.  Siswa membaca teks yang telah ditulis pada buku harian dengan teliti (mengomunikasikan).
30.  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks buku harian yang telah ditulis (menalar).
31.  Siswa mengamati contoh membuat kesimpulan dari teks buku harian (mengamati).
32.  Siswa menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis (mengomunikasikan).

Penutup
1.      Refleksi
2.      Pemberian tugas/pr
3.      Memberi pesan pesan moral
15 menit


H.    Penilaian
1.      Prosedur Penilaian
a.      Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakuakn dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap                  : Percaya diri, teliti, santun
b.      Penilaian Pengetahuan      : Menjawab pertanyaan berdasarkan teks buku harian yang ditulis, melengkapi deret bilangan berpola +2.

Bacalah cerita pada buku harianmu itu.
1.      Apakah isi cerita pada buku harianmu itu?
2.      Siapa yang kamu ceritakan dalam buku harian itu?
3.      Kapan kegiatan atau peristiwa itu terjadi?
4.      Buatlah kesimpulan tentang buku harianmu!



 Rubrik Penilaian


a. Bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil

penilaian: observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil
No.
Kriteria
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi.


2.
Siswa terlibat aktif dalam permainan.


3.
Siswa mampu menirukan gerakan sesuai permainan.




Hasil pengamatan bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil
No.
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T
BT
T
BT
T
BT
1.
Banta Firmansyah






2.
Alfi Syahri






3.
Anas Risqi Syahputra






4.
Ashilla






5.
Dela Miranda






6.
David Da silva






7.
Iqsan Sayyidina






8.
Kausar Alfata






9.
Muhammad Reza






10.
Muhammad Furqan






11.
Muhammad Alwanli






12.
Muhammad Dani






13.
M. Hayda Luthfi






14.
M. Rifqi Adiitya






15.
Mahira Syafira






16.
Nashwa Darivam






17.
Nayla Atqiya






18.
Nabila Safira






19.
Putroe Meulu






20.
Rafil Rizkullah






21.
Risna Ramadhani






22.
Syakira Asyabira






23.
Tursina Akmalita






24.
Tata Rahma Ayulan






25.
Zauli Alfaid






26.
Nazla Azzahra






27.
Aprilia Nazwa






28.
Najwa Felina






29.
Naura Itaila








b. Membaca lambang bilangan
penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kemampuan membaca lambang bilangan.
Membaca dengan tepat dan lancar.
Membaca dengan tepat, tetapi kurang lancar.
Pembacaan kurang tepat.
Belum mampu membaca.
2.
Volume suara.
Volume suara keras dan jelas.
Volume suara jelas.
Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas.











c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca.
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.
2.
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian.
Semua isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema.
Setengah atau lebih isi teks sesuai judul atau tema.
Kurang dari setengah isi teks sesuai judul atau tema.
Semua isi teks belum sesuai.
3.
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian.
Semua isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema.
Setengah atau lebih isi teks sesuai judul atau tema.
Kurang dari setengah isi teks sesuai judul atau tema.
Semua isi teks belum sesuai.
4.
Penggunaan kalimat yang efektif.
Semua kalimat menggunakan kalimat yang efektif.
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
Semua kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif.








d. Membaca dan menyimpulkan teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca dan menyimpulkan teks buku harian
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kemampuan Membaca Teks.
Siswa mampu membaca keseluruhan teks dengan lancar.
Siswa mampu membaca seluruh teks, tetapi kurang lancar.
Siswa kurang mampu membaca.
Siswa belum mampu membaca teks.
2.
Volume Suara.
Volume suara keras dan jelas.
Volume suara jelas.
Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas.
3.
Kemampuan Menyimpulkan.
Simpulan singkat dan mewakili isi teks.
Simpulan agak panjang dan mewakili isi teks.
Simpulan kurang mewakili isi teks.
Simpulan tidak mewakili isi teks.