Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Nama Sekolah : SD Negeri 12 Banda Aceh
Kelas / Semester : II (dua) / I (satu)
Tema : 1. Hidup Rukun
Sub Tema : 1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran ke : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (5 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar :
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,
tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah
dalam mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator :
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus
satuan).
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok
dienes (kubus
satuan).
satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan
kurang dari 100.
4.1.2 Membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
:
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang
dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup
rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.3 Mengenal
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5 Mengenal
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
Indikator :
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang
dimiliki.
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam
kemajemukan
keluarga.
keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD
yang tepat.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap
hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
kemajemukan keluarga.
SBDP
Kompetensi Dasar
:
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu
tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri
dalam mengolah karya seni.
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan
pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator :
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat
musik ritmis.
4.8.1 Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
PPKN
Kompetensi Dasar
:
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di
sekolah.
4.3 Berinteraksi
dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator :
3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis
kelamin.
4.3.1 Menceritakan
kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola
irama lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis secara teliti.
2. Dengan
menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat me-mainkan pola irama bervariasi
lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3. Dengan
menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat
menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
4. Dengan
kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan
karakter yang dimiliki dengan teliti.
5. Dengan
teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga
sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
6. Dengan
menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi
contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan
teliti.
7. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan
santun dan percaya diri.
8. Dengan
menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
9. Dengan
menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
10. Dengan
mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
11. Dengan
mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
12. Dengan
mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis
teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
13. Dengan
kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota
keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
14. Dengan
kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan
anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan
percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
1.
Mengidentifikasi
berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
2.
Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
3.
Menentukan
karakter setiap individu di rumah.
4.
Menyebutkan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
5.
Membaca
teks permintaan maaf.
6.
Memperagakan
contoh ucapan permohonan maaf.
7.
Membilang
sampai 500.
8.
Melengkapi
deret bilangan berpola +1.
9.
Menulis
teks buku harian.
E. Metode Pembelajaran
1.
Metode :
Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2.
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar,
mengkomunikasikan)
mengkomunikasikan)
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media : Gambar operasi
hitung menggunakan kubus satuan., Gambar beberapa rak buku yang berkaitan
dengan barisan bilangan +1.
2. Alat : -
3. Sumber
Belajar : Irene, dkk.2014. Buku Kelas
II Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematis Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta :
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a.
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran
siswa.
3.
Melakukan tanya jawab tentang keadaan
siswa
4.
Memotivasi siswa untuk ikut serta
dalam pembelajaran dengan cara bernyayi lagu “sayang semuanya”
5.
Memberi acuan dengan menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
10 Menit
|
Inti
|
1.
Menuliskan pertanyaan beserta jawaban berdasarkan gambar
pada buku siswa.
2.
Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa
(mengamati).
3.
Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersama-sama
dengan percaya diri (mencoba).
4.
Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abang-ku”
sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
5.
Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
6.
Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat
musik ritimis (mencoba).
7.
Siswa diajak menyanyikan lagu lain yang mempunyai birama
2/4 (mencoba).
8.
Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang
dinyanyikan tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar).
9.
Siswa memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4
menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
10. Siswa
membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4
yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
11. Siswa
membaca nyaring syair lagu (mengamati).
12. Siswa
menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar).
13. Siswa
dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di
daerah setempat (menanya).
14. Siswa
menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya
(mengomunikasikan).
15. Siswa
membaca teks buku harian Udin (mengamati).
16. Siswa
menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
17. Siswa
mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga (menalar).
18. Siswa
membaca contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
19. Siswa
dan guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun
(menanya).
20. Guru
menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa
dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
21. Siswa
memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas (mencoba).
22. Siswa
diajak mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah
(mengamati).
23. Siswa
menghitung jumlah buku pada rak yang diamati (menalar).
24. Siswa
mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa (mengamati).
25. Siswa
mengamati gambar cara menghitung jumlah buku dengan menggunakan sistem blok
dienes (mengamati).
26. Siswa
bertanya tentang gambar yang telah diamati (menanya).
27. Siswa
menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamat-an (mengomunikasikan).
28. Siswa
membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa
(menalar).
29. Dari
kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda
berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
30. Siswa
membuat kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima
bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
31. Siswa
menyalin kalimat yang telah dibuat dalam huruf tegak bersambung (mencoba).
32. Siswa
mengamati gambar tumpukan buku pada beberapa rak (mengamati).
33. Siswa
membandingkan banyak buku yang ada pada masing-masing rak (menalar).
34. Siswa
mengamati sebuah barisan bilangan yang ada pada buku siswa (mengamati).
35. Siswa
menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati
(mengomunikasikan).
36. Siswa
melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
37. Siswa
menulis teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan
menggunakan EYD yang tepat (mencoba).
38. Siswa
menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin pada teks
buku harian yang ditulis (mencoba).
39. Siswa
menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin
pada teks buku harian yang ditulis (mengomunikasikan).
|
|
Penutup
|
1.
Refleksi
2.
Pemberian tugas/pr
3.
Memberi pesan pesan moral
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian
Proses
Menggunakan format pengamatan dilakuakn dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
Menggunakan format pengamatan dilakuakn dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
2.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap : Percaya diri, teliti, santun
b. Penilaian
Pengetahuan : Menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin, Membilang
dengan menggunakan blok dienes.,Melengkapi barisan bilangan +1.
c. Penilaian
Keterampilan : Menyanyi dengan
memainkan alat musik ritmis.,Memperagakan ucapan permohonan maaf, Menulis teks
buku harian.
Lembar
Kerja Siswa
1. Apa yang
diceritakan di dalam buku harian itu?
2. Mengapa
Udin minta maaf kepada kakaknya?
3. Apakah
kakaknya memaafkah Udin?
4. Apa yang
terjadi seandainya Mutiara tidak memaafkan Udin?
5. Peragakan
dan ucapkan permohonan maaf dengan santun!
Tuliskan
pada teks buku harianmu itu siapa saja anggota keluarga laki-laki!
Ceritakan kebersamaan anggota keluarga
perempuan dan laki-laki di dalam keluargamu!
Rubrik Penilaian
a. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik
menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Penguasaan Lagu.
|
Konsisten menyanyi dengan nada yang
tepat tanpa bimbingan guru.
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi
dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi
dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing guru.
|
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat
walaupun telah dibimbing guru.
|
|
2.
|
Kemampuan memainkan alat musik ritmis.
|
Mampu mengembang-kan ritmis dari pola
yang disajikan.
|
Hanya mampu memainkan ritmis dari pola
yang disajikan, tapi tidak mampu untuk mengembangkan.
|
Mengalami kesulitan dalam meniru
ritmis yang disajikan.
|
Tidak mampu sama sekali meniru ritmis
yang disajikan.
|
|
b. Memperagakan ucapan
permohonan maaf
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik
penilaian memperagakan ucapan permohonan maaf
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Ekpresi.
|
Mimik
wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.
|
Mimik
wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
|
Mimik
wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
|
Monoton,
tanpa ekspresi.
|
2.
|
Lafal.
|
Dialog
dilafalkan dengan tepat dan jelas.
|
Ada
1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya.
|
Lebih
dari 2 kata belum tepat pelafalannya.
|
Hampir
semua kata belum tepat pelafalannya.
|
3.
|
Intonasi.
|
Intonasi
sesuai dengan dialog secara konsisten.
|
Intonasi
sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
|
Intonasi
tidak sesuai dengan dialog.
|
Tanpa
intonasi.
|
4.
|
Volume
Suara.
|
Volume
suara keras dan jelas.
|
Volume
suara jelas.
|
Volume
suara kurang jelas.
|
Suara
sangat pelan dan tidak jelas.
|
c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku
harian
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1.
|
Penggunaan
huruf besar, dan tanda baca.
|
Menggunakan
huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di
akhir kalimat.
|
Terdapat
1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
|
Tidak
satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
|||
2.
|
Kesesuaian
isi teks yang ditulis dengan tema buku harian.
|
Seluruh
isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema.
|
Setengah
atau lebih isi teks sesuai judul atau tema.
|
Kurang
dari setengah isi teks sesuai judul atau tema.
|
Semua
isi teks belum sesuai.
|
||
3.
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata sudah tepat.
|
Terdapat
1-2 kata yang belum tepat penulisannya.
|
Terdapat
lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya.
|
Semua
kata belum tepat dalam penulisan.
|
||
4.
|
Penggunaan
kalimat yang efektif.
|
Semua
kalimat menggunakan kalimat yang efektif.
|
Terdapat
1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
|
Terdapat
lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
|
Semua
kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif.
|
||
0 Komentar