Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Nama Sekolah             : SD Negeri 12 Banda Aceh
Kelas / Semester          : II (dua ) / 1 (satu)
Tema                           : 1. Hidup Rukun
Sub Tema                    : 1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran ke          : 6 (enam)
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
Hari / Tanggal             :

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
1.1   Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
          Indikator
3.5.5 Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.6 Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.3 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

          Indikator
3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.  
Indikator
3.3.4 Menunjukkan keberagamaan anggnota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.

SBDP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1  Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator
3.2.4 Menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
2.      Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat mem­buat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
3.      Dengan mengamati gambar dan tabel cara membaca lambang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilan­gan samapai 500 dengan teliti.
4.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menunjukkan keberaga­man anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimi­liki dengan santun dan percaya diri.
5.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan ba­hasa yang santun.
6.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan akibat tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
7.      Dengan bertepuk tangan, siswa dapat menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis dengan teliti.
8.      Dengan menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gu­nung”, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan teliti dan percaya diri.


D.    Materi Pembelajaran
1.      Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
2.      Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
3.      Menentukan karakter setiap individu di rumah.
4.      Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
5.      Membaca teks permintaan maaf.
6.      Memperagakan contoh ucapan permohonan maaf.
7.      Membilang sampai 500.
8.      Melengkapi deret bilangan berpola +1.
9.      Menulis teks buku harian.

E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan           : Scientific
Stategi                   : Cooperatif Learning
Teknik                   : Example non Example
Metode                  : Penugasan, tanya jawab, diskusi dan ceramah

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                     : teks cerita rumpang “Berwisata ke Kebun Binatang”, gambar dan tabel cara membaca lambang bilangan, teks lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung”.
2.    Alat                                    :-
3.    Sumber belajar        : Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a.
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.      Melakukan tanya jawab tentang keadaan siswa
4.      Memotivasi siswa untuk ikut serta dalam pembelajaran dengan cara menunjukangambar keluarga inti yang terdiri dari ayah, ibu dan anak.
5.      Melakukan tanya jawab tentang gambar Hidup Rukun di Rumah.
6.      Mengajak siswa untuk berdinamika dengan menyanyikan lagu “sayang semuanya”
7.      Menginformasikan tema yang akan dipelajari.
8.      Memberi acuan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 Menit
Inti
1.        Siswa mengamati teks rumpang “Berwisata ke Kebun Binatang” (mengamati).
2.        Siswa melengkapi teks rumpang tersebut dengan kata-kata yang tersedia (menalar).
3.        Siswa membaca nyaring teks rumpang yang telah dilengkapi dengan intonasi yang benar (mengomunikasikan).
4.        Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan bilangan yang terdapat pada teks (mengamati).
5.        Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan yang telah diamati (menalar).
6.        Siswa mengamati sebuah barisan bilangan dengan pola yang bervariasi (mengamati).
7.        Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan yang telah diamati (manalar).
8.        Siswa melengkapi barisan bilangan mengikuti pola variasi (+2 +3 +2 +3) (menalar).
9.        Siswa mencari sebuah tiket bekas dengan meminta bantuan ayah, ibu, atau saudara dengan bahasa yang santun (mengamati).
10.    Siswa melaporkan isi tiket sesuai contoh yang ada pada buku siswa. (mengomunikasikan).
11.    Siswa mengamati nomor tiket masuk ke kebun binatang (mengamati).
12.    Siswa mengamati gambar kubus satuan, kemudian membacakan lambang bilangan berdasarkan gambar yang diamati (mengamati).
13.    Siswa membaca lambang bilangan yang ada pada tabel dengan teliti (mengomunikasikan).
14.    Siswa dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari 3 – 5 siswa.
15.    Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan tentang keinginan udin pergi ke kebun binatang dengan bahasa yang santun (menalar).
16.    Dari kegiatan diskusi yang dilakukan, siswa menyimpulkan manfaat hidup rukun (mengomunikasikan).
17.    Siswa memperhatikan instruksi yang terdapat pada gambar tepuk tangan (mengamati).
18.    Siswa menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis dengan bertepuk tangan. (mengomunikasikan).
19.    Siswa menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” sambil bertepuk tangan (mencoba).
20.    Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan
dengan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” (menalar).

150 menit
Penutup
1.      Bersama – sama siswa  membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah di pelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a.       Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (siakp duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
b.      Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa lebih sempurnakan
 15 menit

H.    Penilaian
a.    Penilaian Sikap            : percaya diri, teliti, santun
b.      Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
c.       Penilaian Keterampilan: unjuk kerja

2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Melengkapi teks rumpang
Jumlah Soal: 6 Soal
Skor maksimal: 6
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1.      Bangun
2.      Bekal
3.      Macet
4.      Mobil
5.      Tiket
6.      Bernomor

b. Melengkapi barisan bilangan
Jumlah Soal: 5 Soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
1.    27, 29, 32, 34, 37
2.    30, 32, 35, 37, 40
3.    36, 38, 41, 43, 46
4.    35, 37, 40, 42, 45
5.    41, 43, 46, 48, 51

c. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung
Jumlah Soal: 3 Soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1.      Ke puncak gunung
2.      Mendaki gunung
3.      Pohon Cemara