Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Nama Sekolah : SD Negeri 12 Banda Aceh
Kelas / Semester : II (dua ) / 1 (satu)
Tema : 1. Hidup Rukun
Sub Tema : 1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran ke : 6 (enam)
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam
percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Indikator
3.5.5 Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
3.5.6 Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
4.5.3 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal
bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari
100.
Indikator
3.1.3
Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8
Membilang loncat.
4.1.2 Membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.3 Memahami
makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi
dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah Berinteraksi dengan
beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.4 Menunjukkan keberagamaan anggnota keluarga
berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3.3
Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda
sifat/karakter.
SBDP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai
salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa
percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga,
pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
Indikator
3.2.4 Menunjukkan pola irama rata pada alat musik
ritmis.
4.8.1
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan
teliti.
2.
Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan
teliti.
3.
Dengan mengamati gambar dan tabel cara membaca lambang
bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan samapai 500 dengan teliti.
4.
Dengan berdiskusi, siswa dapat menunjukkan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan santun dan
percaya diri.
5.
Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup
rukun dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
6.
Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan akibat tidak rukun
dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
7.
Dengan bertepuk tangan, siswa dapat menunjukkan pola irama
rata pada alat musik ritmis dengan teliti.
8.
Dengan menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung”, siswa
dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan teliti
dan percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Mengidentifikasi
berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
2.
Memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
3.
Menentukan
karakter setiap individu di rumah.
4.
Menyebutkan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
5.
Membaca
teks permintaan maaf.
6.
Memperagakan
contoh ucapan permohonan maaf.
7.
Membilang
sampai 500.
8.
Melengkapi
deret bilangan berpola +1.
9.
Menulis
teks buku harian.
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Stategi : Cooperatif Learning
Teknik : Example non Example
Metode : Penugasan, tanya jawab,
diskusi dan ceramah
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
teks
cerita rumpang “Berwisata ke Kebun Binatang”, gambar
dan tabel cara membaca lambang bilangan, teks lagu
“Naik-Naik ke Puncak Gunung”.
2.
Alat :-
3. Sumber belajar :
Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a.
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran
siswa.
3.
Melakukan tanya jawab tentang keadaan
siswa
4.
Memotivasi siswa untuk ikut serta
dalam pembelajaran dengan cara menunjukangambar keluarga inti yang terdiri
dari ayah, ibu dan anak.
5.
Melakukan tanya jawab tentang gambar
Hidup Rukun di Rumah.
6.
Mengajak siswa untuk berdinamika
dengan menyanyikan lagu “sayang semuanya”
7.
Menginformasikan tema yang akan
dipelajari.
8.
Memberi acuan dengan menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
10 Menit
|
Inti
|
1.
Siswa mengamati teks rumpang “Berwisata ke Kebun Binatang”
(mengamati).
2.
Siswa melengkapi teks rumpang tersebut dengan kata-kata
yang tersedia (menalar).
3.
Siswa membaca nyaring teks rumpang yang telah dilengkapi
dengan intonasi yang benar (mengomunikasikan).
4.
Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan bilangan yang
terdapat pada teks (mengamati).
5.
Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan yang
telah diamati (menalar).
6.
Siswa mengamati sebuah barisan bilangan dengan pola yang
bervariasi (mengamati).
7.
Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan yang
telah diamati (manalar).
8.
Siswa melengkapi barisan bilangan mengikuti pola variasi
(+2 +3 +2 +3) (menalar).
9.
Siswa mencari sebuah tiket bekas dengan meminta bantuan
ayah, ibu, atau saudara dengan bahasa yang santun (mengamati).
10.
Siswa melaporkan isi tiket sesuai contoh yang ada pada buku
siswa. (mengomunikasikan).
11.
Siswa mengamati nomor tiket masuk ke kebun binatang
(mengamati).
12.
Siswa mengamati gambar kubus satuan, kemudian membacakan
lambang bilangan berdasarkan gambar yang diamati (mengamati).
13.
Siswa membaca lambang bilangan yang ada pada tabel dengan
teliti (mengomunikasikan).
14.
Siswa dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari 3 – 5
siswa.
15.
Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan tentang
keinginan udin pergi ke kebun binatang dengan bahasa yang santun (menalar).
16.
Dari kegiatan diskusi yang dilakukan, siswa menyimpulkan
manfaat hidup rukun (mengomunikasikan).
17.
Siswa memperhatikan instruksi yang terdapat pada gambar
tepuk tangan (mengamati).
18.
Siswa menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis
dengan bertepuk tangan. (mengomunikasikan).
19.
Siswa menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” sambil
bertepuk tangan (mencoba).
20.
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan
dengan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” (menalar).
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Bersama – sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
2.
Bertanya jawab tentang materi yang
telah di pelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
4.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a. Guru
mengamati sikap siswa dalam berdo’a (siakp duduknya, cara membacanya, cara
melafalkannya dsb)
b. Segera
memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdoa lebih sempurnakan
|
15 menit
|
H.
Penilaian
a. Penilaian Sikap : percaya
diri, teliti, santun
b. Penilaian
Pengetahuan: tes tertulis
c. Penilaian
Keterampilan: unjuk kerja
2. Pengetahuan
Tes
tertulis: Skor
a. Melengkapi
teks rumpang
Jumlah Soal: 6
Soal
Skor maksimal: 6
Skor
setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1. Bangun
3. Macet
4. Mobil
5. Tiket
6. Bernomor
b. Melengkapi
barisan bilangan
Jumlah Soal: 5
Soal
Skor maksimal:
100
Skor setiap
jawaban: 20
Kunci Jawaban
1. 27, 29,
32, 34, 37
2. 30, 32,
35, 37, 40
3. 36, 38,
41, 43, 46
4. 35, 37,
40, 42, 45
5. 41, 43,
46, 48, 51
c. Menjawab
pertanyaan berdasarkan teks lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung
Jumlah
Soal: 3 Soal
Skor
maksimal: 3
Skor
setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1. Ke
puncak gunung
2. Mendaki
gunung
3. Pohon
Cemara
0 Komentar