Materi pokok pada bab ini antara lain:
- Mengidentifikasi 4 kategori tingkat penguasaan kompetensi
- Menjelaskan perbedaan pembelajaran berbasis kompetensi dengan berbasis konten
- Analisis kategori penguasaan kompetensi untuk tindak lanjut pembelajaran
- Merekomendasikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil laporan asesmen kompetensi minimum
- Contoh strategi pembelajaran berbasis kompetensi pada mata pelajaran
- Segitiga belajar: kurikulum, asesmen, dan pembelajaran
Setelah mempelajari konsep Asesmen Nasional secara menyeluruh, Bapak Ibu Guru dapat mengukur sejauh mana pemahaman dalam menguasai topik ini. Berikut terdapat beberapa pernyataan terkait laporan dan rekomendasi hasil Asesmen Nasional. Pada setiap pernyataan tersebut, silakan Bapak Ibu menentukan apakah pernyataan tersebut benar atau salah.
Soal dan jawaban Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM
Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi pada satuan pendidikan.
- Benar
- Salah
Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat kompetensi siswa akan memudahkan siswa menguasai konsep, keterampilan dan konten yang diharapkan pada suatu mata pelajaran.
- Salah
Pada pembelajaran berbasis kompetensi, siswa diharapkan mampu mendemonstrasikan penguasaan konsep, keterampilan dan pengetahuan sebagai proses pembelajaran.
- Benar
- Salah
Karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi adalah fokusnya pada capaian hasil akhir berupa nilai.
- Benar
- Salah
Tantangan pembelajaran berbasis kompetensi bagi guru semua
mata pelajaran antara lain adalah, kemampuan untuk mengidentifikasi tahapan
kompetensi dasar siswanya termasuk literasi dan numerasi.
- Benar
- Salah
Pembelajaran berbasis konten belajar untuk cakupan materi. Pembelajaran berbasis kompetensi belajar untuk pemahaman konsep dan menerapkan keterampilan.
- Benar
- Salah
Laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dapat menjadi rekomendasi bagi guru-guru dari setiap mata pelajaran untuk memperbaiki atau menyesuaikan strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan tingkat kompetensi yang aktual.
- Benar
- Salah
Kompetensi diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan suatu kinerja dengan baik, misalnya mampu melakukan tugas atau pekerjaan secara efektif.
- Benar
- Salah
Kekuatan pembelajaran berbasis kompetensi terletak pada materi yang telah disediakan.
- Benar
- Salah
Sebaiknya semua siswa mencapai level mahir dalam waktu yang bersamaan.
- Benar
- Salah
0 Komentar