Sebelum memulai program bimtek Guru Belajar Seri AKM, maka terlebih dahulu peserta mengikuti Asesmen Pra Program Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman  awal peserta Guru Belajar. Hasil praasesmen tidak mempengaruhi kelulusan Guru Belajar karena di akhir kegiatan peserta akan kembali mengikuti Asesmen Pasca Program. Jadi peserta diminta menjawab sesuai dengan kemampuan dengan memilih jawaban yang paling tepat menurut kita.

Soal Pra Asesmen terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Bekerjalah secara mandiri agar dapat membandingkan hasil Pra Asesmen dengan Pasca Asesmen. Sehinggakita dapat mengukur perkembangan belajar secara mandiri. Berikut soal, jawaban serta penjelasan Asesmen Pra Program Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD:

1. Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu….

a. Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran

b. Digunakan sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu

c. Diberikan di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa

d. Diberikan untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah

Jawaban    : A

Penjelasan :

Asesmen Nasional diberikan untuk mengukur kualitas pembelajaran di setiap satuan pendidikan, buka untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa.

2. Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan melalui….

a. Survei karakter

b. Survei lingkungan belajar

c. Asesmen Kompetensi Minimum

d. Survei kualitas sekolah

Jawaban    : B

Penjelasan :

Survei lingkungan belajar dilakukan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran.

3. Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan utama yaitu….

a. Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa

b. Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila

c. Mengukur hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi

d. Mengukur kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu kualitas sekolah

Jawaban    : B

Penjelasan :

Survei karakter dirancang untuk mengukur capaian siswa dari hasil belajar sosial-emosional yang mencakup karakter (sifat, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila).

4. Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….

a. Ujian Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat akhir

b. Ujian Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama 4 hari

c. Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel

d. Ujian Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan secara daring

Jawaban    : C

Penjelasan :

Siswa yang mengikuti Asesmen Nasional adalah siswa pada tingkat kelas 5, 8, dan 11, dan tidak dilakukan pada semua siswa, sedangkan Ujian Nasioanl diwajibkan bagi semua siswa pada tingkat akhir. Asesmen Nasional dilakukan selama 2 hari sedangkan Ujian Nasional dilakukan 4 hari .

5. Pernyataan yang tepat mengenai ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimum yaitu….

a. Jumlah butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal

b. Semua siswa pada setiap jenjang pendidikan akan mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan sama

c. Soal asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian

d. Kompetensi mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda sesuai dengan peminatannya

Jawaban    : C

Penjelasan :

Siswa pada jenjang SD/MI akan diberikan 30 soal, sedangkan siswa jenjang SMP/MTS dan SMA/SMK/MA akan diberikan 36 soal .

AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan kemampuan siswa itu sendiri.

AKM mengukur kompetensi mendasar yang perlu dipelajari semua siswa tanpa membedakan peminatnya.

6. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….

a. Teks informasi dan teks fiksi

b. Teks prosedur dan teks prosedur kompleks

c. Teks observasi dan teks deskripsi

d. Teks wacana dan teks argumentasi

Jawaban    : A

Penjelasan :

Dalam pelaksanaan AKM konten literasi terdiri atas teks fiksi(cerita) dan teks informasi (berisi informasi fakta) .

7. Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah….

a. Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi apapun

b. Kompetensi dasar yang harus dimiliki sekolah

c. Kompetensi matematika dan Bahasa Indonesia siswa

d. Kompetensi minimal setara yang harus dimiliki siswa

Jawaban    : A

Penjelasan :

Dalam penilaiannya, asesmen literasi dan numerasi mengukur konten tertentu yang didasarkan pada kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa untuk mempelajari materi apapun.

8. Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk dalam konteks soal. Dari pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi Minimum?

a. Konteks masalah yang diberikan bersifat rutin dan sederhana

b. Soal bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif

c. Soal mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang dipelajari

d. Dalam soal teks yang disajikan pendek namun kurang mendalam

Jawaban    : B

Penjelasan :

AKM melihat bagaimana siswa mampu mengaplikasikan konten pembelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari, sehingga konteks soal yang diberikan harus relavan dengan dunia nyata. Sedangkan Ujian Nasional memberikan soal yang lebih menekankan penguasaan konten untuk mengerjakan soal yang diberikan.

9. Manakah dalam pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi Minimum dibandingkan dengan soal Ujian Nasional?

a. Mutu pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran tertentu

b. Penentuan dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya

c. Kemampuan kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi

d. Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan

Jawaban    : D

Penjelasan :

AKM menekankan pada penguasaan kompetensi dan pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan Kompetensi yang diukur pada Ujian Nasioanl sudah sampai pada level interpretasi (pemahaman) namun kurang mengevaluasi maupun merefleksi.

10. Dari yang sudah dipelajari mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat disimpulkan bahwa….

a. Asesmen Kompetensi Minimum akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa

b. Dengan Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah (US)

c. Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran

d. Asesmen Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap konten

Jawaban    : C

Penjelasan :

Hasil pelaksanaan AKM untuk mengevaluasi berbagai bidang pembelajaran. AKM tidak dilakukan untuk penentuan kelulusan siswa, dan bukan untuk mengukur penguasaan  konten tetapi mengukur kemampuan bernalar siswa. Meskipun telah dilaksanakan asesmen, ujian sekolah tetap dilaksanakan .

11. Perhatikan komponen berikut:

(a)  Konten

(b)  Proses kognitif

(c)   Proses non kognitif

(d)  Konteks

Manakah yang mencakup tiga komponen penilaian asesmen literasi membaca?

a. (a), (b), (c)

b. (a), (b), (d)

c. (a), (c), (d)

d. (b), (c), (d)

Jawaban    : B

12. Guru Anwar memberikan soal teks bacaan sederhana pada siswanya dengan menggunakan pertanyaan siapa, mengapa, dan dimana. Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Anwar?

a. Menemukan informasi tersurat

b. Membandingkan hal-hal utama dalam teks

c. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks

d. Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita

Jawaban    : A

13. Pada soal-soal literasi yang diberikan, Guru Rani memberikan bacaan fiksi mengenai bayi komodo. Guru Rani membuat pertanyaan “Apa yang membuat bayi komodo takut ketika melihat bayi komodo lain?” Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Rani?

a. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks

b. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks

c. Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita

d. Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks

Jawaban    : B

14. Guru Aziz meminta siswa untuk memilih setiap kalimat yang menyatakan latar tempat dalam bacaan. Kompetensi apakah yang ingin diukur oleh Guru Aziz melalui pertanyaan tersebut?

a. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain

b. Membandingkan hal-hal utama dalam teks sastra

c. Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks

d. Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik pada teks

Jawaban    : D

15. Pada asesmen numerasi tingkat SD, hal yang akan diujikan dalam konten geometri dan pengukuran level pembelajaran 2 yaitu….

a. Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran

b. Mengenal limas kerucut dan bola

c. Mengenal prisma dan tabung

d. Mengenal balok dan kubus

Jawaban    : C

16. Menyelesaikan soal mengenai persamaan linear merupakan merupakan salah satu konten dalam asesmen numerasi yaitu….

a. Bilangan

b. Geometri dan pengukuran

c. Aljabar

d. Data dan ketidakpastian

Jawaban    : C

17. Asesmen literasi membaca tingkat SD dilaksanakan dalam….

a. 1 level pembelajaran

b. 2 level pembelajaran

c. 3 level pembelajaran

d. 4 level pembelajaran

Jawaban    : C

18. Analisis soal berikut dan temukan manakah yang termasuk dalam soal Asesmen Kompetensi Minimum!

a. Andi memiliki 200 gram gula pasir dan 1,2 kilogram tepung terigu. Saat dicampurkan maka beratnya menjadi …. kilogram.

b. Perhatikan kemasan minuman sari buah berikut! Jika dituliskan dalam bentuk pecahan paling sederhana, berapakah kandungan sari buah apel?

c. KPK dari 85, 90, dan 125 dalam bentuk faktorisasi utama adalah….

d. Diketahui sebuah kubus dengan panjang sisi 40 cm. Berapa volume kubus tersebut?

Jawaban    : B

19. Bagaimana dampak Asesmen Kompetensi Minimum pada siswa SD yang diketahui tidak ada Ujian Nasional sebelumnya?

a. Asesmen Kompetensi Minimum memiliki konsekuensi pada siswa SD sehingga akan menjadi beban tambahan

b. Asesmen Kompetensi Minimum akan menjadi seleksi siswa SD/MI untuk memasuki jenjang SMP/MTS

c. Asesmen Kompetensi Minimum lebih baik karena menjadi tolak ukur untuk menilai pencapaian siswa

d. Asesmen Kompetensi Minimum tidak menjadi beban karena tidak menilai pencapaian siswa, melainkan berfokus pada proses

Jawaban    : D

20. Pada tingkat SD asesmen literasi maupun numerasi terdapat 3 level pembelajaran, manakah yang menunjukkan penjelasan yang tepat mengenai setiap level tersebut?

a. Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi dan fungsi bilangan.

b. Pada level pembelajaran 2, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.

c. Pada level pembelajaran 1, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang.

d. Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.

Jawaban    : D

21. Salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah….

a. Berpusat pada materi pembelajaran

b. Belajar untuk cakupan materi

c. Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan

d. Berorientasi pada nilai akhir

Jawaban    : C

22. Berikut adalah beberapa pernyataan mengenai pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasis kompetensi:

1. Menunjukkan kinerja dengan menerapkan konsep

2. Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa

3. Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai

4. Berorientasi pada konteks dan penguasaan kompetensi 

5. Berorientasi pada nilai akhir

6. Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan teks 

Manakah pernyataan yang menunjukkan pembelajaran berbasis konten?

a. 1), 3), 5)

b. 2), 4), 5)

c. 3), 5), 6)

d. 1), 4), 6)

Jawaban    : C

23. Dari hasil AKM ditemukan bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….

a. Perlu intervensi khusus

b. Dasar

c. Cakap

d. Mahir

Jawaban    : C

24. Guru Cleo memberikan soal teks dan ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa informasi teks pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….

a. Perlu intervensi khusus

b. Dasar

c. Cakap

d. Mahir

Jawaban    : D

25. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan?

a. Asesmen Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan konten kurikulum

b. Asesmen Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara keseluruhan

c. Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas

d. Asesmen Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah

Jawaban    : C

26. Soal dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasional karena terdapat proses baru yaitu….

a. Mencari, mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan

b. Memahami informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan

c. Memadukan interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk menghasilkan kesimpulan

d. Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya

Jawaban    : D

27. Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain?

a. Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa

b. Melakukan penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain

c. Menyusun pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen

d. Menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kompetensi terendah siswa

Jawaban    : A

28. Dalam asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikan solusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong  siswa untuk….

a. Menyelesaikan soal sesuai konsep matematika

b. Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari

c. Memahami data dalam bentuk tabel maupun grafik

d. Memahami fakta, prosedur, serta alat matematika

Jawaban    : B

29. Apa tindak lanjut yang dapat diambil oleh sekolah terkait hasil AKM?

a. Memetakan pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi

b. Menyusun dan melaksanakan program pengayaan untuk mendorong prestasi belajar siswa lebih baik lagi

c. siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak relevan dengan AKM

d. Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa

Jawaban    : D

30. Bagaimana keterkaitan antara pelaksanaan AKM  dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi yang dihadapi guru?

a. Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi

b. Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berfokus capaian hasil akhir berupa nilai akhir berupa nilai

c. Pelaporan Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru mempersiapkan materi pembelajaran untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi

d. Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan memberikan standar penguasaan yang harus dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan mencapai level mahir bersamaan

Jawaban    : A